10 Fakta Hiruzen Sarutobi ini Bikin Kamu Terharu!

10 Fakta Hiruzen Sarutobi ini Bikin Kamu Terharu!

10 Fakta Hiruzen Sarutobi ini Bikin Kamu Terharu!

Hai Sobat pecinta serial Anime Uzumaki Naruto. Terbunuhnya Hiruzen Sarutobi menjadi tanggung jawab besar bagi sosok ninja jahat yang bercita-cita memimpin desa, Orochimaru. Dalam pengorbanannya melindungi Desa, Orochimaru harus terbunuh di tangan murid kesayangannya sendiri yang telah diasuhnya.

Setiap hal yang menjadi harapan terbaik bagi hidup pastinya akan membutuhkan sebuah pengorbanan. Bahkan, bila harapan itu juga akan menjadi harapan bagi generasi selanjutnya, maka hidup juga layak dikorbankan. Sosok Hiruzen Sarutobi adalah tauladan bagi generasi Shinobi setelahnya.

Berbicara Hiruzen Sarutobi, pastinya membuat kita semua merindukan sepak terjang dari sosok Hokage ke-3 dengan catatan umur paling tua dalam menjalankan amanahnya. Sosok ninja yang sangat hebat dengan banyak sekali jasa bagi Desa. Dan ulasan berikut akan kami bahas fakta menarik Hiruzen Sarutobi yang masih belum banyak terungkap dan diketahui kalian semua. Berikut 10 Fakta Hiruzen Sarutobi yang belum kalian ketahui!

*10 Fakta Hiruzen Sarutobi Hokage ke Tiga


1. Murid Dari Hokage Pertama Dan Kedua

Fakta Hiruzen Sarutobi yang pertama adalah bahwa dia adalah murid dari Tobirama Senju yang tak lain adalah Hokage kedua. Serta dibantu oleh Hashirama Senju sang Dewa Shinobi sekaligus sosok Hokage pertama pendiri Desa Shinobi. Dari sekian Murid Tobirama Senju yang daftar namanya antara lain: Homura Mitokado, Hiruzen Sarutobi, Danzo Shimura dan Koharu Utatane. Namun Hiruzen Sarutobi lah yang paling disayangi Tobirama serta memiliki bakat tinggi.

Baca Juga: 10 Fakta Hashirama Senju Sang Dewa Shinobi

Ketika Dua legenda Shinobi bersaudara Ginkaku dan Kinkaku hendak menyerang Tobirama dan Timnya, Tobirama memutuskan untuk ada salah seorang di antara mereka untuk mengalihkan kejaran dari keduanya. Ketika menyampaikan gagasan itu, Tobirama lah orang yang pertama kali menawarkan dirinya untuk menjadi pengalih. Namun Tobirama melarangnya. Alhasil, Tobirama menyuruh sang murid untuk lari dan Tobirama menjadi pengalihnya. Sebelum memerintahkan murid-muridnya lari, Tobirama sempat berpesan bahwa Hiruzen Sarutobilah Hokage selanjutnya.

Baca Juga: 10 Fakta Tobirama Senju Si Raja Suiton Konoha

2. Generasi Shinobi Pertama Konohagakure

10 Fakta Hiruzen Sarutobi ini Bikin Kamu Terharu!
Hiruzen Sarutobi dan Jutsu Terkhirnya melawan Orochimaru
Kita telah mengetahui bersama bahwa Tim 7 yang dipimpin oleh Hatake Kakashi itu benar adanya. Namun faktanya, shinobi dengan sistem semacam itu baru di awali oleh tim Hiruzen Sarutobi. Sebelum adanya tim Hiruzen Sarutobi, tepatnya era Hashirama menjabat sebagai Shodaime Hokage (Hokage pertama), belum ada generasi ninja dengan sistem kaderisasi semacam itu.

Generasi shinobi pertama dimulai dari era kepemimpinan Tobirama Senju sebagai Nidaime Hokage (Hokage Kedua). Dimana mulai diberlakukan sistem akademi ninja sebagai tingkat kaderisasi generasi Shinobi Konoha. Dan dengan bimbingan Tobirama, Hiruzen muda beserta tiga orang rekannya memulai generasi awal ninja Konoha.

3. Rendah Hati dan Pemberani

Sebagai salah satu Shinobi generasi pertama, Hiruzen Sarutobi adalah sosok yang rendah hati (tidak sombong) sekalipun dia dijuluki Profesor oleh para Shinobi desa berat kehebatan dan kepribadiannya yang sangat bijak. Hiruzen digambarkan begitu santai dengan pipa rokok yang selalu dibawanya kemanapun. Kendati demikian, dalam pertarungan Hiruzen lebih ganas dari singa.

Diketahui sandaime hokage atau Hiruzen Sarutobi adalah seorang kage yang selalu membawa kemanapun pakaian serta atribut Hokagenya dalam segala macam kondisi. Kecuali saat bertarung. Kepada kawan atau lawan serta murid-muridnya, tutur katanya selalu santun dan bijak. Sesekali dia memberikan wejangan dalam setiap perintah desa.

4. Guru Para Legenda Sannin

Melekat di semua fikiran Shinobi serta warga desa. Bahwa pasca perang dunia Shinobi ke tiga, trio legenda sannin yang antara lain Jiraiya, Tsunade dan Orochimaru merupakan legenda sekaligus pahlawan desa. Kehebatannya tak bisa diragukan lagi. Meski banyak kalangan yang melupakan bahwa ada sosok yang melatar belakangi kehebatan mereka di masa depannya. Dialah sang guru agung Hiruzen Sarutobi.

10 Fakta Hiruzen Sarutobi ini Bikin Kamu Terharu!
Hiruzen dengan Muridnya tim 7 Legenda Sannin
Hiruzen Sarutobi tidak pernah mengungkit torehan apapun yang diraih oleh para muridnya. Padahal dialah karakter yang menjadi pondasi kehebatan ke-tiga muridnya. Kasih sayang dan perhatiannya dalam mendidik selalu dicurahkannya kepada sang guru. Sampai dia harus terbunuh dalam kejahatan sang murid sekalipun, Hiruzen Sarutobi tidak pernah menyesal telah mendidiknya.

5. Pernah Berharap Orochimaru Hokage

Sebagai murid kesayangan, Orochimaru si jenius sama sekali tidak terbesit Jahat di hati Hiruzen Sarutobi. Selama pendidikan Hiruzen Sarutobi di Tim 7, dia menginginkan Oochimaru sebagai penerus gelar Hokage Konoha selanjutnya. Kejeniusan serta kehebatannya dibanding dua muridnya yang lain, tentunya akan diharapkan Hiruzen untuk menjadi masa depan baik untuk desa.

Keinginan itu berubah, tatkala Hiruzen Sarutobi baru menyadari kesalahan besar yang amat fatal telah dilakukan oleh murid kesayangannya sendiri Orochimaru. Kebiadaban Orochimaru terbongkar, dia ditemukan melakuan penculikan ribuan shinobi serta rakyat sipil yang tak bersalah untuk dijadikan bahan penelitian yang sebagian besar eksperimennya membuat orang yang diculiknyapun meninggal.

6. Menguasai Banyak Jutsu

Fakta selanjutnya tentang Hiruzen Sarutobi. Julukan Profesor bagi Sandaime Hokage Hiruzen Sarutobi yang secara lambat laun mendarah daging atas sematan yang dilakukan oleh banyak Shinobi bahkan warga desa nampaknya bukanlah julukan biasa. Hiruzen Sarutobi layak memegang gelar tersebut sebab kehebatannya dalam segala jutsu serta kepribadiannya yang sangat bijak.

Satu-satunya Shinobi dan Hokage yang memiliki beberapa elemen dasar sehingga banyak sekali menguasai banyak jurus hebat. Beberapa deretan Jutsu milik Hiruzen Sarutobi antara lain: Shuriken Kage Bunshin, Karyuu Endan, Kuchiyose Enma, Goton Dairendan No Jutsu, Shisekyojin, Shiki Fujin, serta masih banyak jutsu hebat lain yang dikuasainya dari beberapa elemen dasar.  

7. Memiliki Empat Elemen Dasar

Bersumber dari Wikipedia. Sejauh ini beberapa nama Shinobi hebat yang memiliki lebih dari tiga elemen dasar hanya Hiruzen Sarutobi. Bahkan dari seluruh daftar kage yang ada di seluruh desa Shinobi, Hiruzen Sarutobi lah yang mahir menggunakan empat elemen dasar tersebut ke dalam sebuah jutsu hebat.

10 Fakta Hiruzen Sarutobi ini Bikin Kamu Terharu!
Justu Hiruzen: Goton Dairendan No Jutsu
Adapun beberapa Jutsu yang dimiliki Hiruzen Sarutobi antara lain Api, Tanah, Air dan Angin (Meski ada yang mengatakan dia menguasai lima elemen dasar). Bahkan, ketika Hiruzen Sarutobi dihidupkan kembali dengan Edo Tensei saat perang dunia Shinobi ke empat, Hiruzen melawan patung Shinsusenju sendirian dengan berbekal Kage Bunshin dan menguasai empat elemen untuk melawan serangan patung besar ciptaan Hashirama tersebut.

8. Hokage Terlama Konoha

Hokage terbunuh di tangan Orochimaru tatkala kisaran berumur 68-69 tahun. Daalam keadaan menyandang gelar kage desa Konoha. Dan hal tersebut merupakan rekor terlama seorang Hokage desa Konoha menjabat. Meskipun tidak diketahui misteri kapan umur Hashirama selesai menjadi Hokage.

Mengapa demikian? Hal itu disebabkan oleh diangkatnya Hiruzen Sarutobi dengan umur yang sangat muda untuk ukuran seorang Kage. Tobirama sebelum berpisah dan tak bertemu lagi dengan muridnya (meninggal) sempat berpesan bahwa Hiruzen Sarutobi lah Hokage desa Konoha selanjutnya. Dan kala itu umur Hiruzen masih kisaran belasan tahun.

9. Dua Kali Menjabat Hokage

Ini adalah fakta. Dan untuk menjawab pertanyaan "Kok bisa?", berikut ulasannya. Ketika Hiruzen Sarutobi menyatakan bahwa jabatan Hokage sudah seharusnya dipegang genersi selanjutnya, semua muridnya yang tak lain adalah Legenda Sannin selain Orochimaru tidak ada yang bersedia. Akhirnya Minato Namikze yang tak lain adalah murid dari Jiraiya dilantik sebagai Hokage. Jabatan Sandaime Hokage pun selesai dan diteruskan oleh Yondaime.

Yondaime Minato Namikaze menjabat sebagai Hokage pun tidak berlangsung lama. Dia akhirnya harus gugur dalam misi menyelamatkan desa tatkala menyegel Kyuubi ke perut anaknya sendiri Uzumaki Naruto. Akhirnya Konoha transisi jabatan. Masa transisi Konoha yang dibilang cukup lama diisi kembali oleh Hiruzen Sarutobi sebagai Hokage. Sekalipun bukan sebagai Yondaime, namun setidaknya Hiruzen Sarutobi telah merasakan dua kali menjadi periode.

10. Mengasuh Naruto dan Sasuke Sejak Kecil

10 Fakta Hiruzen Sarutobi ini Bikin Kamu Terharu!
Prof. Hiruzen Sarutobi dan Naruto Kecil
Masih berlangsung dari fakta Hiruzen Sarutobi sebelumnya. Bahwa semenjak kematian kedua orang tua Uzumaki Naruto, Yondaime Minato Namikaze memasrahkan dan mempercayakan anaknya kepada Hiruzen Sarutobi. Di sisi lain, sejak Genosida klan Uchiha yang dilakukan oleh Itachi Uchiha dan hanya menyisakan Sasuke Uchiha, Itachi pun memasrahkan Sasuke untuk diasuh oleh Hiruzen Sarutobi.

Uzumaki Naruto sengaja Hiruzen rahasiakan status siapa orang tuanya untuk menjaganya dari ancaman para musuh Minato Namikaze. Sedangkan Uchiha Sasuke dipasrahkan agar dapat tumbuh menyayangi desa dan tidak sebaliknya, memusuhi desa. Semua dilakukan Hiruzen sebagai Hokage, Kakek tua dan penuh dnegan kesibukan itu dengan baik hingga keduanya menjadi sosok karatker utama. Sungguh berhati mulia!

Sekian sobat sedikit ulasan yang dapat kami jelaskan untuk anda seputar 10 Fakta Hiruzen Sarutobi yang belum banyak kalian ketahui, jangan lupa isi tanggapan di kolom komentar, share juga agar senantiasa menyebarkan informasi terbaru kepada sobat lainnya. Semoga bermanfaat!

0 Response to "10 Fakta Hiruzen Sarutobi ini Bikin Kamu Terharu!"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel