Perbedaan Reset dan Restart yang Harus Kamu Ketahui!

Perbedaan Reset dan Restart yang Harus Kamu Ketahui!

Perbedaan Reset dan Restart yang Harus Kamu Ketahui!

Perbedaan Antara Reset dan Restart-Selamat siang kawan RomInfo.net yang selalu sehat dan berbahagia pastinya. Kali ini RomInfo telah menambah satu label lagi yaitu Android. Nah, hal ini bang Rom rasa sangat penting mengingat sudah jamannya semua orang mencari keringanan teknologi menggunakan HP Android.

Untuk pembahasan awal, mungkin kurang menarik dan jarang diminati oleh para pemegang Android. Namun saya rasa penting untuk diketahui. Sebab berdasarkan pengalaman serta pengamatan yang saya lakukakan, banyak di antara teman-teman bang Rom yang belum mengetahui fungsi, kegunaan serta perbedaan masing-masing antara reset dan restart.

#Kenapa Perlu Menjelaskan Perbedaan Reset dan Restart?

Begini ceritanya, suatu waktu yang lalu, ada salah satu teman saya memiliki Android merek Samsung
tapi model lama. Karena seringnya dipakai serta termkan umur, dia berujar dan selalu menggerutu bahwa HPnya lemot.

Baca Juga: Trik Mendapatkan 1 Juta/Bulan dengan Android

Suatu ketika dia mendatangi saya dan memberitahukan keresahan yang dimilikinya terkait HP lemotnya yang tak jua sembuh. Karena terbatas ilmu pengetahuan terkait Android, dia meminta saya untuk merestart handphone yang dimilikinya agar kembali normal seperti semula.

Jelas saja saya agak kaget bercampur heran. Bagaimana tidak? Gadged yang dimilikinya lemot karena terlalu banyak file dan data yang mungkin sudah menyesaki sistem androidnya. Namun hanya meminta restart. Apa efeknya?

Dan benar saja. Ternyata dia memang tak tahu istilah sebenarnya terkait istilah mengembalikan setelan pabrik HP yang biasa disebut dengan kata Reset. Selepas saya reset, akhirnya androidnya-pun kembali normal seperti sedia kala sekalipun tak semulus awalnya. Sebenarnya apa sih perbedaan antara reset dan restart?

#Perbedaan Antara Reset dan Restart

Restart adalah memulai kembali sistem kerja handphone seakan baru saja dimatikan. Sesuai dengan namanya, restart berasal dari dua suku kata yaitu Re dan Start. Re adalah mengulang, Start adalah memulai. Artinya jika anda menekan tombol restart maka HP anda akan mati sejenak untuk kemudian hidup kembali secara otomatis.

Dengan merestart Android anda, maka semua aplikasi atau sistem yang sedang berjalan akan secara otomatis diberhentikan. Dan ketika Android anda kembali hidup, maka seakan berjalan dari awal tanpa adanya program apapun yang beroperasi. Sistem Restart ini juga hampir dimiliki oleh beberapa alat elektronik selain Handphone antara lain: Komputer, Mikrotik, PSP, Dll.

Reset adalah Mengembalikan semua sistem, data serta penyimpanan seperti awal mula anda membeli HP android yang anda miliki. Artinya, seluruh file yang and miliki mulai dari Foto, Video, Aplikasi, Data dan lainnya akan dihapus dan dihilangkan secara permanen serta tidak ada lagi file yang tersisa di Android anda melainkan software atau frimware yang dimiliki handphone tersebut.

Itulah alasan mengapa ketika setiap Handphone yang direset akan terlihat sangat enteng dn cepat sebagaimana barunya. Itu terjadi karena hal-hal yang menyebabkan HP anda berat telah dihilangkan. Apa saja yang membuat berat itu? Ya antara lain File yang berlebihan, aplikasi dengan resolusi tinggi, firus atau bahkan kehabisan penyimpanan.

#Bagaimana Agar File Tidak Hilang Saat diReset?

Backup Saja Kang. apa Backup itu Bang Rom?

Backup merupakan proses teknis untuk mencadangkan atau menggandakan sebuah data atau file yang kita miliki agar tidak hilang. Bisa dengan cara ditaruh ke dalam memori internal maupun external. Dengan itu maka proses reset akan berjalan normal tanpa menghapus data atau file yang anda miliki.

Yaah.. dan begitulah sobat materi yang bisa bang Rom sampaikan terkait perbedaan antara reset dan restat. Jika anda memiliki keluhan atau tambahan pertanyaan silakan isi kolom komentar. Jangan lupa share jika bermanfaat. Subscribe untuk mendapatkan update terbaru artikel bermanfaat RomInfo.net lainnya. Sekian dan..

Terimakasih... 😁

0 Response to "Perbedaan Reset dan Restart yang Harus Kamu Ketahui!"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel