Cara Membuat Contact Us pada Blogspot (Update) 2020

Cara Membuat  Contact Us pada Blogspot (Update) 2020

Cara Membuat  Contact Us pada Blog Terbaru Update 2020

Dalam dunia blogging contact us merupakan salah satu dari beberapa jenis laman yang sangat penting untuk dijadikan sebagai kelengkapan suatu website atau blog. Terutama blog atau website yang mulai membidik monetize atau mengajukan diri sebagai publisher Adsense agar dapat memetik pundi-pundi penghasilan dari blognya.

Dalam hal ini, maka segeralah membuat laman contact us (kontak) pada blogspot sobat. Namun, bagi blogger yang tidak ingin memulai monetize blognya (sebab memang dijadikan tempat curahan hati "Curhat"), maka laman contact us tidak begitu wajib untuk ada.

Mengapa demikian? Sebab contact us atau yang memiliki arti kontak, kontak kami atau hubungi kami ini adalah laman khusus bagi para pengunjung (visitors) untuk dapat melakukan komunikasi secara langsung dengan admin melalui pesan privasi yang di sampaikan dengan cara mengisi formulir pada setiap kolom contact us.

Kami ulangi lagi bahwa contact us merupakan istilah bahasa inggris. Para blogger Indo sendiri banyak yang memberikannya istilah contact us dengan nama Kontak Kami, Hubungi Kami, atau Kontak saja.

Nah, untuk memulai bagaimana cara membuat laman contact us (kontak) pada Blogspot, baiknya kita mengetahui manfaat dari contact us (kontak) itu sendiri pada ulasan berikut:

#Apa Manfaat Menggunakan kontak (Contact Us) pada Blog?

Banyak manfaat dan kegunaan dalam penggunaan kontak atau contact us/kontak ini antara lain:

  • Dapat menjadi perantara antara pengunjung (visitor) dan admin suatu website
  • Menjadi suatu wadah kritik atau saran dari para pengunjung (visitor), namun tetap bersifat rahasia
  • Laman kontak juga merupakan salah satu syarat untuk diterima sebagai publisher Google Adsense

Bagi seorang Blogger yang telah handal dan lihay dalam memainkan kode script HTML baik java dan lainnya, mungkin dapat dengan mudah membuat laman kontak atau contact us secara individu.

Namun bagi kita (Penulis sendiri dan juga newbie), sungguh memutar otak dua kali jika akan membuat contact us atau kontak secara individu tanpa ada panduannya. Untuk apa mencari jalan sukar kalau ada jalan pintas? Maka jawabannya adalah sama. Jalan pintas.

Berikuta saya jelaskan cara membuat contact us atau kontak pada blogspot menggunakan layanan dari salah satu platform penyedia yaitu 123ContactForm seperti yang digunakan oleh blog ini sendiri di laman Kontak tepat di bilah bawah blog.

#Cara Membuat Laman Contact Us pada Blogspot 2020

1. Silakan sobat masuk situs 123 Contact Form.

2. Selanjutnya sobat Pilih "Sign Up for Free". Maka sobat akan diarahkan untuk menggunakan opsi Login. Pilih saja sign in via Google (Pastikan anda sudah login ke akun google). seperti di gambar berikut...
Cara Membuat  Contact Us pada Blogspot (Update) 2020
Kolom Registrasi 123 Contact Form
Kemudian akan tampil pilihan paket. Jika sobat ingin memilih yang gratis, silakan pilih "Basic Free Always". Perhatikan gambar di bawah:
Cara Membuat  Contact Us pada Blogspot (Update) 2020
123ContactForm menyediakan beberapa layanan dengan tingkatan fitur berbeda.
3. Nah, selanjutnya sobat akan diarahkan menuju halaman seperti gambar di bawah. Silakan sobat klik tanda panah pada "New Form" kemudian pilih "Contact and Lead Form"

Cara Membuat  Contact Us pada Blogspot (Update) 2020
Gambar 3

4. Pada tahapan inilah sobat bebas merancang seperti apa tampilan form pada contact us atau kontak di Blogspot sobat nantinya. Jika selesai, silakan sobat pilih menu "Publish" dan pilih "Blogger" (jika yang digunakan blogger. Intinya menyesuaikan).

Cara Membuat  Contact Us pada Blog Terbaru 2018
Gambar 4

5. Silakan sobat copy kode script untuk laman kontak/Contact Us yang telah disediakan. Lihat gambar di bawah:

Cara Membuat  Contact Us pada Blogspot (Update) 2020
Gambar 5

6. Terakhir sobat buat laman kontak/Contact Us di dashbor blog kemudian "Halaman" buat halaman baru dan pilih format "HTML". Pastekan kode, beri nama sesuai keinginan sobat dan simpan. Silakan lihat..

Cara Membuat  Contact Us pada Blogspot (Update) 2020
Gambar 6
Di sini penulis memberikan saran menggunakan layanan 123ContactForm sebab tampilannya yang begitu elegan, rapi dan menarik untuk tampilan contact us pada Blogspot sobat.

Baca Juga:

#Tambahan

Dengan selesai membuat contact us/kontak tadi, maka kini blog sobat akan terlihat lebih professional sebab bisa menerima berbagai masukan kritik dan saran dari para pengunjung sobat.

Namun, pastikan membuat laman Privacy Policy terlebih dahulu untuk melengkapi persyaratan jika sobat ingin mendaftarkan blog sobat ke Google Adsense.

Jika ada kesulitan silakan sobat tulis di komentar untuk mendapatkan bimbingan dari kami. Jangan segan untuk share ke teman shobat jika dirasa artikel cara membuat contact us 2020 ini dapat mengurangi beban mereka. Sekian dan..

Terimakasih.

0 Response to "Cara Membuat Contact Us pada Blogspot (Update) 2020"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel