Cara Menampilkan Deskripsi Penelusuran Pada Blog dan Postingan

Cara Menampilkan Deskripsi Penelusuran Pada Blog dan Postingan

Cara Menampilkan Deskripsi Penelusuran Pada Blog dan Postingan

Hai sobat, berjumpa lagi bersama bang Rom yang selalu setia membantu anda para newbie dan siapapun kalian yang singgah untuk mencari informasi. Jangan segan-segan berbagi dan kembali lagi ke blog ini sambil ngopi bareng mas romli. Hehe..

Baik sobat, dalam sesi artikel kali ini bang Rom akan berbagi cara menampilkan deskripsi penelusuran pada blog dan postingan. Perlu diketahui bahwa dengan menampilkannya merupakan salah satu peluang sobat untuk optimasi seo.

Bagaimana bisa? Dengan menampilkan sedikit deskripsi pada blog atau artikel yang sobat punya, maka akan berpeluang besar untuk tampil di halaman pertama atau lebih cenderung menuai banyak respon serta klik. Terlebih jika ulasannya mengandung kata kunci yang google perlukan dalam mengolah perintah suatu pencarian seseorang.

Apa fungsi dari pada deskripsi penelusuran itu sendiri? Baik, bang Rom ulas pertanyaan sobat dalam sub materi dalam pembahasan artikel kali ini.

#Apa Fungsi Deskripsi Penelusuran pada Blog atau Artikel?

Sebelum saya bahas, mari kita cek kembali ingatan tentang SEO. Yaps, benar sob. Dengan melakukan optimasi SEO maka kemungkinan blog kita mendapatkan kursi halam pertama atau page one terbuka sangat lebar di tengah pesatnya persaingan dan perebutan kursi halaman pertama.

Lantas apa fungsi deskripsi penelusuran blog atau artikel bagi SEO? Sebagaimana namanya. Deskripsi Penelusuran adalah bersifat menjelaskan situs yang anda publish ke google untuk lebih memperjelas isi dari konten yang bersangkutan, dimana kemudian jika perayap menemukan judul blog atau artikel sobat, maka deskrisi penelusuran akan berfungsi sebagai penjelas dari pada isinya.

Nah, hal itu yang justru menjadi peluang bagi ladang optimasi SEO pada artikel yang sobat tulis. Dengan menyisipkan beberapa kata kunci (Keyword) pada kolom deskripsi penelusuran (tentunya dengan bahasa lunka dan dimengerti sobat), maka secara otomatis akan mendatangkan respon positif baik bagi manusia (Human Friendly) ataupun mesin pencari (Seo Friendly).

Dan pada akhirnya, artikel yang mengandung banyak fitamin keyword atau kata kunci, akan dengan ramah dimunculkan mesin pencari google menuju kursi panas halaman pertama dengan aman sentosa. Amin..

Intinya ada dua fungsi pada penggunaan deskripsi penelusuran.
  • Human Friendly (Ramah Pengunjung)
  • Seo Friendly (Ramah Search Engine Optimation)
Dan tentunya jika digunakan sebaik dan sebenar mungkin ya sob.

#Perbedaan dari Deskripsi Penelusuran pada Blog dan Artikel

Setelah membahas kegunaan deskripsi penelusuran secara detail, maka selanjutnya bang Rom akan menjelaskan bahwa deskripsi penelusuran pada blog dan artikel memiliki ciri khas serta karakteristik yang berbeda. Sebagaimana bawa perbedaan itu membuat hal yang sama menjadi tidak sama... hehe

Nah, perbedaannya begini sobat. Untuk deskripsi penelusuran blog sendiri, akan timbul tepat di bawah judul blog dalam penelusuran pencarian. Bagaimana contohnya, lihat gambar di bawah ini..

Cara Menampilkan Deskripsi Penelusuran Pada Blog dan Postingan

Contoh di atas saya ambil dari salah satu blog yang bang Rom sukai. Blogooblog namanya. Kembali lagi ke pembahasan.  Pada tepat di sebelah bawah judul blog di gambar, sebagaimana sobat lihat, adalah preferensi (deskripsi) penelusuran yang dibuat oleh admin. Dengan adanya sedikit penjelasan atau deskripsi pada blog di atas, maka sobat juga bisa memahami sebenarnya apa isi dari blog yang sobat temukan kala berselancar di google.

Namun bedakan dengan preferensi atau deskripsi penelusuran pada artikel milik bang Rom seperti gambar di bawah ini..

Cara Menampilkan Deskripsi Penelusuran Pada Blog dan Postingan

Dengan adanya sedikit penjelasan serta keterangan yang disitu terkandung kata kunci relevan, akan mudah terbaca oleh mesin pencari.

Maka peluang untuk menggapai page one atau halaman pertama pun akan semakin terbuka lebar. Serta minat pengunjung untuk membaca pun akan semakin tergugah.

Baik, untuk bagaimana cara menampilkan kolom deskripsi penelusuran, kita ulas di submateri berikut ini.

#Cara Menampilkan Deskripsi Penelusuran Pada Blog dan Postingan

Sebenarnya dengan mengaktifkan deskripsi penelusuran pada blog, maka otomatis akan juga mengaktifkan kolom deskripsi penelusuran pada artikel loh sobat. Berikut langkah-langkahnya:

1. Login ke Blogspot sobat.

2. Pada tampilan dashbor, pilih "Pengaturan". Dan selanjutnya pada tampilan "Tag Meta", silakan lihat opsi "Deskripsi". Edit dan centang opsi "ya" pada "Aktifkan Deskripsi Penelusuran". Isi deskripsi sesuai keinginan sobat. Pada kolom inilah deskripsi yang nantinya akan muncul tepat di bawah judul blog. Lihat gambar..

Cara Menampilkan Deskripsi Penelusuran Pada Blog dan Postingan

3. Jika selesai, pilih "Simpan Perubahan" dan lihat postingan sobat. Kali ini setiap sobat ingin membuat artikel baru, akan muncul menu "Deskripsi" yang dengannya setiap postingan yang dirayap google akan memunculkan deskripsi tepat di bawah judul postingan artikel.
Cara Menampilkan Deskripsi Penelusuran Pada Blog dan Postingan

Oke, bagaimana sobat? Puas? tentunya ya.. Maka hanya itulah tadi sedikit informasi mengenai cara menampilkan deskripsi penulisan baik pada blog maupun aritkel. Jika sobat rasa bermanfaat, jangan sungkan-sungkan untuk membagikan artikel ini. Jika ada kesulitan, silakan isi kolom komentar untuk selanjutnya bang Rom pandu. Sekian dan..

Terimakasih.. :) 

0 Response to "Cara Menampilkan Deskripsi Penelusuran Pada Blog dan Postingan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel