8 Perbedaan Antara Novel Dan Serial Film LAYANGAN PUTUS

8 Perbedaan Antara Novel Dan Serial Film LAYANGAN PUTUS

8 Perbedaan Antara Novel Dan Serial Film LAYANGAN PUTUS

Serial film Layangan Putus yang tengah viral di kalangan masyarakat Indonesia terutama kaum hawa, merupakan film adaptasi dari sebuah novel berjudul sama yang ditulis oleh Mommy ASF.

Novel yang berjudul Layangan Putus tersebu ditulis oleh Mommy ASF sejak tahun 2019 berdasarkan kenyataan yang dialaminya sendiri. Sedangkan sang penulis Mommy ASF mempunyai nama asli yaitu Eka Nur Prasetyawati. 

Berawal dari cerita pendek yang ia posting di akun sosmednya. Mommy ASF mengaku tidak menyangka bahwa tulisannya bisa menjadi viral dan ternyata banyak diminati oleh penduduk dunia maya.

Serial film Layangan Putus mulai tayang pada tanggal 26 November 2021 dengan seri bersambung. Serial web yang disutradarai oleh Benny Setiawan ini dibintangi oleh para aktor dan aktris ternama di Indonesia. Diantaranya adalah; Reza Rahadian selaku "Aris" pemeran utama karakter suami yang suka berkelit, Putri Marino sebagai Kinan seorang istri bernasib malang yang dikhianati oleh suaminya, serta Anya Geraldine yang berperan sebagai wanita selingkuhan Aris bernama Lidya.

Namun di balik suksesnya film layangan putus ini, ternyata ada beberapa fakta menarik yang tidak banyak orang ketahui. Termasuk ada perbedaan antara Novel yang ditulis oleh Mommy ASF dengan serial film 'Layangan Putus" yang sudah kalian tonton. Apakah itu? Simak terus ya..

Ungkap Mommy ASF bahwa terdapat perbedaan antara film dengan naskah asli sebagaimana ditulisnya dalam novel. Meskipun pada kisah novel dan serial web sama-sama mengiris hati. Tetapi Mommy ASF mengaku terdapat beberapa perbedaan antara Novel dan Serial Film Layangan Putus. berikut beberapa fakta perbedaan kisah Layangan Putus dalam novel dan serial web yang perlu diketahui..

8 PERBEDAAN NOVEL DAN SERIAL FILM LAYANGAN PUTUS


1. Sudut Pandang Cerita

Melihat dari sudut pandang cerita serial film Layangan Putus, ada banyak kisah lain yang diceritakan disana. Dalam serialnya melibatkan banyak pihak pendukung seperti tokoh Andre, Lola dan Dita sebagai sahabat Kinan; hingga Miranda sebagai rekan kerja Aris yang bersahabat baik dengannya.

Namun berbeda dengan kisah aslinya, dalam novel Layangan Putus, Mommy ASF hanya mengulas perjalanan hidup seorang Kinan. Yang mana di dalam novelnya diceritakan sosok bernama Eka Prasetya (nama pena Mommy ASF), yakni seorang istri yang bertubi-tubi mengalami kepahitan dalam hidupnya.

2. Jumlah Anak Kinan

Karakter Kinan dalam serial film Layangan Putus dikisahkan memiliki seorang putri yang bernama Raya. Dimana Raya diperankan oleh artis cilik dan cantik yang bernama asli Graciella Abigail. Yang kemudian sosok Kinan mengalami hamil kedua kalinya namun mengalami keguguran sebab pada saat itu konflik perselingkuhan Aris sedang berada pada titik klimaksnya.

Baca Juga: 7 Fakta Serial Film Layangan Putus yang Belum Kamu Tahu!

8 Perbedaan Antara Novel Dan Serial Film LAYANGAN PUTUS
Mommy ASF dan 4 Anaknya

Faktanya, dalam Novel Mommy ASF menceritakan bahwa di dalam kehidupan nyata sebenarnya dia mempunyai lima orang anak. Dan yang meninggal adalah anak kelimanya ketika masih bayi. Bukan keguguran seperti yang diceritakan di dalam seri film Layangan Putus.

3. Profesi Para Tokoh

Kinan dalam serial film Layangan Putus berprofesi sebagai dokter umum. Sedangkan pada kisah aslinya atau keterangan dalam novel, Mommy ASF merupakan seorang dokter hewan sekaligus pemilik klinik dokter hewan yang bernama “Luna Pet House” yang berlokasi di Kota Malang.

Lalu karakter Lidya dalam serial film yang berprofesi sebagai seorang psikolog anak. Namun fakta kisah yang diceritakan Mommy ASF dalam novel, suaminya berselingkuh dengan seorang selebgram yang kerap kali bertemu dengan suami Mommy ASF dalam event tertentu.

4. Reaksi Kinan tentang Cappadocia

Perbedaan antara novel dan film Layangan Putus selanjutnya, adalah bahwa dalam serial film, puncak konflik terbongkarnya perselingkuhan Aris dan Lidya adalah ketika Aris pulang sejak 3 hari setelah kepergiannya tanpa pamit kepada Kinan dan ternyata Aris menghilang itu karena pergi ke Cappadocia bersama Lidya.

Kinan marah besar atas ketidak terimaan dirinya ditinggal pergi berlibur ke Cappadocia bersama selingkuhannya. Padahal, impian berlibur ke Cappadocia adalah impiannya sejak dahulu. Dan kemarahan Kinan tentang Cappadocia ini menjadi pertengkaran hebat antara Aris dan Kinan, yang menyebabkan Kinan kemudian kehilangan bayinya. Scene pertengkaran keduanya inilah yang juga viral dijadikan parodi di dunia maya.

Sedangkan di dalam novel, Kinan memang ingin pergi ke Cappadocia, Turki bersama suaminya. Yang mana Cappadocia adalah impian Kinan yang tak sempat disinggahi saat berkunjung ke Turki ketika dahulu pernah pergi umroh bersama Aris. Di dalam novel juga ditulis bahwa Kinan hanya berbicara pada hati dan pikirannya sendiri. Rupanya Aris pergi secara tiba-tiba selama 12 hari itu dia pergi honeymoon ke Cappadocia bersama Lidya.

5. Kondisi Mommy ASF dan Kinan Saat Diselingkuhi

Dalam serial film Layangan Putus, kondisi Kinan ketika mengetahui suaminya selingkuh diperlihatkan sedang hamil besar anak keduanya. Kinan dan Aris juga mempunyai anak yang masih kecil. Tak hanya itu, konflik perselingkuhan Aris pun menjadi penyebab Kinan kehilangan anak keduanya (bernama Reno dalam film) yang bahkan belum sempat lahir ke dunia. Hal ini membuat para pemirsa semakin greget dibuatnya. Hal ini memang mungkin bertujuan untuk memberikan kesan “dramatis” di dalamnya.

8 Perbedaan Antara Novel Dan Serial Film LAYANGAN PUTUS
Scene pertengkaran Kinan dan Aris yang Viral!

Meski pada kenyataannya, pada saat mengetahui suaminya berselingkuh, Mommy ASF tidak sedang dalam keadaan hamil. Hanya saja Mommy ASF sedang dalam keadaan banyak tanggungan karena harus mengurus ke empat orang anaknya yang masih kecil, juga urusan pekerjaan yang sama tidak bisa ditinggalkan.

6. Momen Terbongkarnya Perselingkuhan Aris

Dalam serial film Layangan Putus, momen terbongkarnya perselingkuhan Aris dengan Lidya mulai diketahui Kinan secara bertahap mulai awal Aris berselingkuh. Kinan merasakan kejanggalan demi kejanggalan dalam diri Aris yang tak biasanya dilakukan. 

Seperti dalam beberapa scene, diperlihatkan saat Aris mulai susah dihubungi, sering lembur pulang malam, sering keluar rumah dengan alasan urusan pekerjaan bahkan pada saat hari libur, pamit untuk touring motor bersama teman-temannya padahal tidak, Kinan mencium aroma parfum wanita pada baju Aris yang itu bukan miliknya dan tak pernah dikenalinya, penemuan anting yang hanya sebelah, dan kejanggalan lain yang masih banyak lagi.

Sedangkan dalam kisah nyata di Novel Layangan Putus, Mommy ASF mengungkap bahwa perselingkuhan suaminya terjadi secara tiba-tiba dan begitu saja. Tanpa ia mengetahui keanehan ataupun kejanggalan yang merujuk pada indikasi bahwa suaminya mempunyai wanita lain di belakangnya.

Bahkan tutur Mommy ASF dalam curhatannya di media sosial, “Aku ingat lagi, kemarin tidak ada yang aneh, tidak ada yang salah. Sebelum dia pergi dari rumah, kami bercumbu mesraaaa sekali. Hubungan kami bahkan sedang hangat-hangatnya. Dia sering menggodaku belakangan ini. Dan aku sedang hobi mengumpulkan lingerie (nama baju seksi) untuk menyenangkannya”.

7. Status Aris dan Lidya 

Pada serial Layangan Putus, Aris dan Lidya belum menikah bahkan sampai serial ini tamat. Lidya baru meminta restu kepada Kinan tentang pernikahannya dengan Aris yang diperlihatkan pada episode ke 10.

8 Perbedaan Antara Novel Dan Serial Film LAYANGAN PUTUS
Anya Geraldine (sosok Lidya dalam seri Layangan Putus)

Sedangkan fakta di novel layangan putus, Kinan berkisah bahwa suaminya telah menikah sirri dengan Lidya tanpa sepengetahuan Kinan. Dan terungkap bahwa selama 12 hari suaminya menghilang itu dalam rangka pergi honeymoon bersama Lidya ke Cappadocia.

8. Ending Perceraian Aris dan Kinan

Perbedaan Terakhir Novel dan Film Layangan Putus, diperlihatkan bahwa ending perceraian Aris dan Kinan adalah sebab Kinan sudah tidak mampu lagi untuk menanggung beban sakit hatinya atas perselingkuhan Aris dan Lidya. Sedangkan Aris yang egois tetap ngotot tidak mau menceraikan Kinan dan tidak bisa meninggalkan Lidya. Hingga pada akhirnya Kinan Pengadilan Agama mengabulkan permohonan perceraian yang diajukan Kinan, beserta hak asuh Raya yang jatuh ke tangannya.

Sedangkan fakta dalam novel Layangan Putus, dijelaskan bahwa Kinan menjalani kehidupan rumah tangga yang dipoligami oleh Aris selama 1,5 tahun. Meski pada akhirnya perceraian tetap menjadi pilihan Kinan, sebab ia merasa rumah tangga yang dijalani Kinan lebih banyak tersiksa. Kinan mengibaratkan perceraiannya dengan Aris bagaikan kehilangan satu kaki sebelah yang sudah membusuk sejak awal.

8 Perbedaan Antara Novel Dan Serial Film LAYANGAN PUTUS
Terungkap sosok suami Mommy ASF yang dikisahkan sebagai Aris

“Pun selama setahun setengah aku menjalani poligami, yang ku rasakan memang kakiku sudah sakit sebelah. Ibaratnya dalam sisi medis, saran terbaik adalah mengamputasi kaki yang sudah luka dan membusuk”, tutur Kinan dalam novel Layangan Putus.

Itulah ulasan tentang 8 perbedaan antara Noveldan Serial Film Layangan Putus. Wajar saja kalau di serial film dimodifikasi lebih dramatis untuk menarik emosi pemirsa tentunya. Tingkah Aris dan Lidya bikin greget tingkat dewa ya bund. Kira-kira, bunda sudah baca versi novel juga atau Cuma nonton serialnya aja nih.. lalu apa kesan kalian setelah membaca fakta ini? Semoga bermanfaat…

1 Response to "8 Perbedaan Antara Novel Dan Serial Film LAYANGAN PUTUS"

  1. Mill Finish Aluminum Sheets present extensive range|a variety} of job demand Duvet Covers possibilities. Wieland-Wrisco supplies a selection of the aluminum sheets you want for a spread of distinctive projects. However, it may be} considerably hardened by way of coldworking processes, corresponding to chilly rolling. Aluminum alloy 5052-h32 spontaneously age-softens at room temperature instantly after chilly work.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel