Inilah 20 Pondok Pesantren Salaf Di Malang Jawa Timur

Inilah 20 Pondok Pesantren Salaf Di Malang Jawa Timur

20 Pondok Pesantren Salaf Di Malang Jawa Timur

Assalamualaikum Kang! Berbeda dengan ulasan lain pada blog ini, sebagai seorang santri tentunya kami ingin membahas mengenai pondok pesantren. Nah, pada kesempatan kali ini fokus pembahasan yang akan dibahas oleh penulis adalah Pondok Pesantren di Malang.

Malang sendiri merupakan sebuah nama kota dan kabupaten yang berlokasi di provinsi Jawa Timur. Dimana sudah tak heran lagi, Jawa Timur dijuluki juga sebagai gudangnya pesantren. Namun pembahasan pondok pesantren di Malang kali ini akan terfokus pada Malang selatan tepatnya Kabupaten Malang.

Termasuk di daerah Malang, salah satu daerah penyumbang lembaga pondok pesantren terbanyak di Jawa Timur khususnya serta umumnya di Indonesia. Sebagaimana kita tahu, Jawa Timur adalah nominasi provinsi dengan jumlah pondok pesantren terbanyak. Serta pencetak generasi Ulama terbanyak khususnya kalangan Nahdliyyin. Jadi, mari ulas lebih dalam lagi.

*Pengertian Pondok Pesantren

Pondok Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan islam tradisional yang telah berada di Nusantara sejak abad Wali Songo. Terdapat beberapa versi sejarah para ilmuan tentang sejak kapan pondok pesantren mulai ada di Indonesia. Ini hanya pengertian yang bersifat opini subjectif ya...

Kata "Pesantren" sendiri berasal dari kata "Santri" yang mendapatkan imbuan pe dan an sehingga menjadi kata pe-santri-an. Seiring dengan berlakunya dialek yang ada, kata tersebut akhirnya populer dengan sebutan "pesantren". Tak heran bila objek dari pesantren disebut dengan Santri.

Ada tiga unsur dasar yang dapat mencetak sebuah lembaga pesantren. Ketiganya antara lain: Kiai, Santri dan Asrama. Ketiganya menjadikan simbolik khusus sebuah lembaga pondok pesantren. Menurut peraturan terbaru pemerintah, ada beberapa syarat sebuah lembaga ke-Islaman dapat disebut pesantren.

Kata "Pondok" sendiri diambil dari bahasa daerah Jawa; Pondok, yang memiliki arti sebuah gubuk peristirahatan yang sederhana serta bernilai kulturistik. Hal ini tidak bisa lepas dari peran karakteristik asrama pesantren yang cenderung sederhana dan jauh dari kata mewah.

Pada mulanya, asrama pondok dengan gedung milik pendidikan formal kolonial, pemerintah atau lenaga swasta lainnya memiliki perbedaan yang mencolok. Walaupun seiring dengan perkembangannya, pondok pesantren akhirnya melakukan penyesuaian dengan lembaga pendidikan formal lainnya dengan memperbagus tampilan fisik berikut sarana pra-sarana.

*Pondok Pesantren Salaf?

Sesuai judul, ulasan kali ini akan membahas  beberapa deretan Pondok Pesantren di Malang yang masih Salaf. Salaf dalam artian masih mempertahankan tradisi lama dan cenderung tidak mencampur konsep modern dalam tatanannya.

Daftar pondok pesantren di Malang yang masih mempertahankan tradisi salaf dalam ulasan ini, dirangkum atas perspektif penulis sendiri. Jadi, bilamana ada ketidak setujuan atau ketidak sesuaian, itu hak personal masing-masing. Agar pembahasan tidak terlalu meluas, berikut kami ulas 20 pondok pesantren salaf di Malang.

*10 Pondok Pesantren Salaf di Malang!

  1. PP. Raudlatul Ulum 1 (Gondanglegi)
  2. PP. Al-Khoirot (Gondanglegi)
  3. PP. Shirotul Fuqaha' (Gondanglegi)
  4. PPAI Ketapang (Kepanjen)
  5. PP. An-Nur (Bululawang)
  6. PP. Mambaul Ulum (Gondanglegi)
  7. PP. Miftahul Ulum (Gondanglegi)
  8. PP. Darun Najah (Singosari)
  9. PP. Raudlatul Ulum 2 (Gondanglegi)
  10. PP. Mambaun Nur (Bululawang)
  11. PP. Mambaul Ulum (Turen)
  12. PP. Babus Salam (Gondanglegi)
  13. PP. Ushulus Salam (Pagak)
  14. PP. An-Nuuru (Tirtoyudo)
  15. PP. Miftahul Ulum (Dampit)
  16. PP. Al-Hidayah (Karang Ploso)
  17. PP. As-Salam (Bantur)
  18. PP. Subulus Salam (Wonosari)
  19. PP. As-Syadzili (Pakis)
  20. PP. Al-Firqoh An-Najiyah (Karang Ploso)

*CATATAN

Sekali lagi kami sampaikan bahwa isi artikel termasuk seleksi daftar pondok pesantren di Malang yang ada pada postingan artikel ini merupakan opini atau pendapat dari referensi yang didapat oleh penulis (Admin) website Mblogger ini sendiri. Jadi mohon maaf bilamana terdapat ketidak sepahaman dengan isi konten.

Dan bilamana ada kritik dan saran, mengenai info yang ada pada postingan ini, silakan kontak kami untuk segera kami perbaiki dan kami koreksi semaksimal mungkin di kolom KONTAK KAMI.

Dan demikianlah para ikhwan-akhwat info yang bisa kami bagikan kepada anda mengenai 20 pondok pesantren di Malang Jawa Timur semoga selalu memberi manfaat bagi anda semua sebagai media informasi dan pengetahuan. Jangan lupa komentar dan bagikan agar selalu menebar manfaat. Terimakasih!

0 Response to "Inilah 20 Pondok Pesantren Salaf Di Malang Jawa Timur"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel