Cara Membuat Sumber Link URL Blog Pada Artikel yang DiCopas

Cara Membuat Sumber Link URL Blog Pada Artikel yang DiCopas

Cara Membuat Sumber Link URL Blog Pada Artikel yang DiCopas

Cara Membuat Sumber Link URL Blog Pada Artikel yang Dicopy paste-Menciptakan karya tulis bukan merupakan suatu hal yang mudah. Diakui atau tidak, penulis akan mengerahkan kemampuan terbaik dari daya fikirnya demi menghasilkan suatu karya cipta tulis yang akan membayar semua jerih payah yang telah dilakukan. Namun bagaimana jadinya jika hak cipta berupa karya tulis milik pribadi justru dialih namakan dengan se-enaknya?

Jelas saja tidak mengenakkan perut ini bukan? Oleh karenanya, menjaga kemurnian hak cipta bukan hanya perlu adanya upaya yang harus dilakukan oleh pembaca, namun juga penulis. Salah satu di antaranya adalah tulisan yang objek pemublikasinya dilakukan di Internet. Ambil saja contohnya tulisan ini, Blog ini, dan situs penyedia tulisan yang lain.

Sebuah tulisan yang tersedia di sebuah situs internet lebih cenderung mudah untuk diCopy paste (copas) tanpa perlu menyertakan sumber link oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Maka demi menjaga keaslian serta kualitas artikel yang anda tulis, perlu dilakukan cara agar artikel yang anda publish ke Blog, dapat menyertakan sumber link otomatis saat artikel dicopas.


Untuk caranya pun terbilang cukup mudah. Untuk mmbuat sumber link otomatis pada setiap terjadi copas pada blog anda, cukup anda ikuti langkah-langkah yang tertera sebagaimana berikut ini:

#Cara Membuat Sumber Link Otomatis pada Artikel Blog yang diCopas

1. Silakan Log In ke Blog.

2. Pada tampilan dashbor Blogger, silakan pilih menu "Tema" lalu "Edit HTML".

3. Cari tag </Body> pada HTML. Untuk lebih mudahnya, tuliskan pada kolom pencarian dengan menggunakan Ctrl+F

4. Copy terlebih dahulu code script yang dicetak miring berwarna hijau berikut ini:

<script type='text/javascript'>
function addLink(){var a=document.getElementsByTagName(&quot;body&quot;)[0];var b;b=window.getSelection();var c=&quot;<br/><br/> Sumber: <a href='&quot;+document.location.href+&quot;'>&quot;+document.location.href+&quot;</a><br/> Hak Cipta Milik: Syifa&#39;ur Romli. Anda bebas mengcopy paste artikel ini dengan catatan tetap mencantumkan sumber artikel ini diambil.&quot;;var d=b+c;var e=document.createElement(&quot;div&quot;);e.style.position=&quot;absolute&quot;;e.style.left=&quot;-99999px&quot;;a.appendChild(e);e.innerHTML=d;b.selectAllChildren(e);window.setTimeout(function(){a.removeChild(e)},0)}document.oncopy=addLink
</script>

Ket: Pada teks yang berwarna merah bisa anda ganti dengan tulisan lain yang akan muncul secara otomatis saat artikel anda diCopas seseorang.

Penting!: Perhatikan pada hasil Copas anda pada kode script di atas. Sebab, blog ini juga menggunakan sistem sumber link otomatis. Sehingga anda perlu membuang teks sumber link saat ingin meletakkan kode Script di atas pada bagian HTML.

5. Letakkan kode yang dicopy tepat pada bagian atas Tag </Body> lalu pilih "Simpan Tema". Dan selesai.

6. Untuk memastikan bahwa anda telah mengaplikasikan tutorial di atas dengan benar, silakan anda lihat blog dan lakukan copas pada artikel milik anda. Ketika diPaste mengeluarkan secara otomatis sumber link url blog, maka anda berhasil.

Kini setiap artikel yang anda tulis dan publikasikan lewat blog akan aman dari tindakan copy paste (copas) liar yang akan merugikan pihak penulis.

Perlu Diketahui! Bahwa Link Blog akan secara otomatis muncul pada setiap terjadi copas artikel milik anda. Jika perlu bukti, silakan sobat praktikkan pada artikel ini. Dan cukup sekian sharing informasi seputar Cara membuat sumber link otomatis pada artikel yang diCopas kali ini, semoga bermanfaat dan...

Terimakasih 👳

0 Response to "Cara Membuat Sumber Link URL Blog Pada Artikel yang DiCopas"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel