Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog Terbaru!

Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog Terbaru!

Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog Terbaru!

Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog Terbaru! - Jika kita lihat di rata-rata website atau blog terkenal dan dengan pengujung ribuan, maka akan kita temui di bagian kolom komentarnya menggunakan jasa disqus. Sudah tak pelak lagi, bahwa disqus memang memberikan layanan tambahan dan membuat tampilan blogger lebih keren dan tentunya professional.

Selama ini, kolom komentar yang kita pakai, dimana merupakan bawaan gratis dari sang penyedia yakni blogspot sudah sangat usang dan tidak begitu diminati. Oleh karenanya, website yang tidak melakukan upgrade pada setiap sisi dari bagian terkecil blognya akan dianggap sebagai blog jadul atau ketinggalan jaman. Namun ini sebatas asumsi pribadi saya.

#Pengertian dan Sejarah Disqus

Disqus yang bahasa inggrisnya discuss adalah sebuah layanan jasa komentar di dunia maya yang dapatdi gunakan dalam berbagai situs resmi populer, semisal: Blogspot, WordPress, Tumblr dan juga website besar seperti CNN.com.

Layanan ini dapat diintegrasikan dengan "Disqus" untuk mendukung layanan berupa sistem komentar diskusi bagi para pengguna di dunia maya. Disqus dapat di integrasikan dengan hampir berbagai jenis CMS seperti Joomla, Squares pace, Doku Wiki, Drupal, Yola Site dan Chimp.

Selain memberikan jasa pemasangan kolom komentar yang terkesan masa kini dan profesional, disqus juga memberikan peluang tambahan dari setiap penggunanya untuk mendapatkan pundi-pundi penghasilan dari disqus itu sendiri. Tentunya melalui pendaftaran dan beberapa persyaratan juga.

Sejak tahun 2007 disqus mulai dioperasikan dan didukung oleh beberapa investor dari Union Square Ventures dan Y Combinator yang berlokasi di San Fransisco. Setelah satu tahun berjalan, Disqus sudah berhasil mencuri perhatian pengguna sekitar lebih dari 150 ribu pengguna terdaftar serta 17 ribu komunitas.

Banyak di antara blog serta web-web terkenal yang menggunakannya. Data terakhir bulan Agustus 2010 pengguna Disqus melonjak drastis menjadi lebih dari 13 juta pengguna aktif terdaftar serta stidaknya 500 ribu komunitas pengguna layalanan blogspot, wordpress maupun website lainnya.

Dengan menerapkan kolom momentar disqus di blog, maka tentunya akan memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan yang akan didapat dan ditanggung oleh blog sobat. Namun, untuk keterangan kekurangan dan kelebihan yang didapat dari memasang sistem komentar disqus ini telah RomInfo.net bahas pada artikel "Kelebihan dan Kekurangan Memasang Komentar Disqus"

Baik sobat, tentunya setelah membaca riwayat singkat di atas, anda ingin segera memasang disqus comment untuk juga bertengger di blog atau website anda bukan? Untuk itu, bang Rom telah menyajikan beberapa cara cepat untuk memasang kolom komentar disqus di blog terbaru! Langsung saja ulas tutorialnya berikut ini...

#Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog

1. Silakan masuk ke Disqus.com

2. Setelah tampil halaman seperti di bawagh ini, kemudian pilih "Get Started". Terserah sobat milih yang bagian atas atau bagian bawah. Namun, keduanya sama saja...

Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog Terbaru!
3. Selanjutnya anda akan disjikan tampilan halaman seperti gambar di bawah..

Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog Terbaru!

Nah, pada halaman ini anda diminta untuk melakukan "Sign Up" dengan beberapa pilihan antara lain facebook twitter dan google. Namun untuk saran rekomended anda pilih saja Sign Up dengan menggunakan akun google. Isi lengkap nama, e-mail dan password yang anda miliki. Lalu pilih Sign Up..

4. Setelah proses "Sign Up" Berhasil, anda akan di bawa menuju tampilan seperti di bawah ini:

Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog Terbaru!
Untuk menginstal dan memasangnya di blog anda, silakan sobat pilih "I want to install on my site".

5. Maka akan diarahakn menuju pengaturan profil dan lainnya. Akan tertera antara lain: Foto Profil (akan muncul sebagai foto utama dalam disqus komentar), Your Site, Website Name (situs yang ingin anda pasangi kolom komentar disqus) dan Category (Niche blog sobat). Isi dengan baik dan benar...
Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog Terbaru!
6. Pada gambar di atas, pilih create site. Maka selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman yang di bagian atas kirinya memiliki opsi seperti gambar di bawah..

Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog Terbaru!
Silakan pilih opsi "Install Disqus"...

6. Nah, pada bagian inilah anda bebas memilih jenis website yang ingin anda pasang atau install kolom komentar disquss. Pilihannya antara lain: Blogger, Wordpress, Joomla, Drupal, Tumblr dll... Jika anda ingin memasangnya di Blogger, maka cukup tekan ikon Blogger yang ada seperti gambar di bawah..
Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog Terbaru!
7. Selanjutnya anda akan diberikan tampilan platform sebagaimana gambar di bawah dimana anda hanya cukup untuk memilih poin nomor "1" dan akan di arahkan pada langkah ke-8. Baca langkah ke 8..
Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog Terbaru!
8. Jika anda sudah dialihkan ke tab baru dan disugukan tampilan seperti di bawah, maka silakan sobat pilih blog mana yang ingin dipasangi disqus komentar. Hal ini terjadi jika anda memiliki banyak blog dalam satu akun. Namun jika hanya ada satu blog, maka sobat tinggal pilih "Tambahkan Widget" untuk memasang kode pada blog sobat.
Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog Terbaru!
9. Sekarang otomatis anda akan dimasukkan ke dalam tampilan dashbor blogger bagian tata lettak untuk memastikan bahwa kolom komentar disqus anda benar-benar telah terpasang. Jika sudah, silakan "Simpan Setelan" refresh dan lihat tampilan komentar blog..

Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog Terbaru!
Jika muncul tampilan seperti di atas, maka sistem kolom komentar disqus anda telah berhasil terpasang. Namun jangan keluar terlebih dahulu dari tab disqus di atas sebelum membaca tambahan penting di bawah ini...

#Cara Import Komentar Lawas pada Disqus Komentar

Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa memasang komentar disqus pada blog dengan langkah-langkah seperti yang sudah dipaparkan di atas akan menyebabkan komentar blog yang pernah ada sebelumnya menjadi tidak akan ditampilkan pada komentar disqus.

Namun jangan risau terlebih dahulu, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memasukkan atau mengImport komentar lawas ke dalam komentar disqus yang baru saja anda pasang.

1. Tetap pada tampilan terakhir pada situs Disqus.com, silakan sobat kembalikan pada tampilan seperti di bawah..
Silakan pilih no. 2 "Import your exiting Blogger comments into disqus at Disqussion"

2. Langkah selanjutnya ketika anda sudah disuguhkan tampilan seperti gambar di bawah, pilih "Import Comments from Blogger". Selanjutnya anda akan dialihkan pada jendela baru. Lihat langkah ke-3..
Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog Terbaru!
3. Pada tampilan ini, pilih saja "Allow", dan selesai..
Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog Terbaru!

Kini tampilan kolom komentar disqus anda akan berisi komentar-komentar lawas yang pernah tampil di blog sobat.. Dan selesailah langkah-langkah memasang komentar disqus di blog anda..

#Tambahan dan Penutup

Nah, dengan tampilan kolom komentar disqus, kini blog anda akan terlihat lebih menarik, elegan dan professional pastinya. Namun, perlu sobat ketahui bahwa memasang komentar disqus di blog memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan yang pastinya akan berdampak pada keuntungan dan kerugian tertentu. Untuk mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihannya, silakan:


Dan, sekian dulu ya sobat sharing sedikit ilmu yang bisa bang Rom sampaikan terkait cara cepat memasang komentar disqus di blog terbaru kali ini. Jika anda memiliki masalah silakan isi kolom komentar untuk panduan. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ya.. Sekian dan,

Terimakasih... ✌

0 Response to "Cara Cepat Memasang Komentar Disqus di Blog Terbaru!"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel